Renungan

Saat Diperiksa biasanya dari tingkah laku dan expresi wajahnya sudah bisa ditebak apakah orang tersebut seorang penyelundup atau bukan. lelaki bersepeda itu benar – benar menunjukan sikap – sikap mencurigakan saat Diro menanyainya lelaki itu kelihatan gugup dan pucat persis ekspresi penyelundup pada umumnya. tapi sebenarnya Diro tidak dapat menemukan apa sebenarnya yang diselundupkan oleh lelaki itu. lelaki itu tidak membawa apa-apa dalam tasnya, hanya bekal makanan dan minuman saja. tapi diro yakin bahwa lelaki itu sedang menyelundupkan sesuatu karena itulah beberapa kali setelah itu ia tetap mencegat lelaki bersepeda tersebut untuk memeriksa tasnya bahkan kantong – kantong tas nya, bahkan kantong – kantong pakaiannya. namun ia tetap tak bisa menemukan apa – apa.

Diro pun putus asa, setiap ia memeriksa selalu ia tidak bisa menemukan apa – apa. akhirnya dibiarkannya saja lelaki lelaki itu lewat. walau dalam hatinya masih sangat curiga sekaligus penasaran. lelaki bersepeda itu pun semakin leluasa dan berani, malah sekarang ia selalu melambaikan tangannya kepada Diro setiap kali lewat didepan Pos. membuat Diro semakin dongkol bertahun – tahun. setelah itu Diro dipindahtugaskan ke kota. suatu ketika ia bertemu dengan lelaki bersepeda itu disebuah pasar, karena masih menyimpan rasa penasaran akhirnya diro mendekati lelaki itu. " Saya yakin anda menyelundupkan sesuatu tolong kasih tahu saya, saya sangat penasaran, saya berjanji tidak akan melaporkan anda" kata Diro dengan penuh harap rasa penasarannya akan terungkap. lelaki itu pun tersenyum, "Benar anda tidak akan melapor ?" tanyanya. Diro mengangkat tangannya pertanda ia benar – benar berjanji. "Benar!, saya tidak akan melaporkan anda, saya sekarang sudah tidak bertugas disana lagi. saya benar – benar penasaran tolong kasih tahu saya apa yang anda selundupan saat itu?". lelaki itu tersenyum sambil menjawab dengan tenang "Sepeda"

Begitulah teman, seringkali dalam hidup ini karena kita sibuk dengan hal – halnyang kecil dan rumit membuat kita akhirnnya tidak bisa melihat hal- hal yang paling besar dan sangat tampak sekalipun. demikian juga yang sering terjadi pada kita. sangat sering terjadi pada hidup kitamelupakan sesuatu yang besar dan sangat tampak hanya karena pikiran dan perhatian kita terfokus pada hal – hal yang kecil. . contohnya saja ketika kita kehilangan sesuatu, biasanya kita akan sangat gusar dan sedih.sedangkan kita semua tahu bahwa sebenar-benarnya kita tak punya daya upaya untuk menjaga apa -apa yang kita miliki agar tidak hilang dari diri kita. kita tidak menentukan berapa jumlah yang akan kita hilangkan. andai saja Allah SWT mengnginkan jumlah yang hilang lebih banyak dari jumlah yang tertinggal, apa daya kita? Toh, tak ada daya upaya kita? mengapa kita jadi gelap mata, sempit hati serta tidak bisa bersyukur untuk semua yang masih tersisa?

Sahabat, Qonaah itu indah dan menyenangkan, jika kita sadar dengan sebenar-benarnya sadar. bahwa tidak ada sesuatu apapun yang benar-benar miliki. maka kita akan bisa merasa bahwa tidak pernah ada yang benar – benar hilang dari diri kita. karena memang tidak pernah ada yang benar-benar kita miliki, apapun yang kita miliki adalah milik Allah, jika Ia berkehendak mengambilnya apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya?, janganlah kehilangan yang sedikit menghalangi kita untuk bahagia. sebab masih banyak yang kita miliki. maka nikmat-Nya yang manakah yang akan kau dustakan?,sementara nafas saja adalah kemurahan-Nya.

Advertisements
By Usman Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s