Mengingat Mati


قال الدقاق :من اكثر من ذكر الموت اكرم بثلاثة اشياء : تعخيل التوبة،قنعاة اقلوب، ونشاط العبادة. ومن نسي الموت عوقب بثلاثة اشياء: تسويف التوبة،وترك الرضا بالكفاف، والتكاثل فى العبادة

kematian” berkata imam ad daqqaq rahimahullah: barangsiapa yang banyak mengingat kematian dimuliakanlah ia dengan tiga perkara: penyegeraan taubat, hati yang menerima/qanaah, dan bergiat dalam ibadah dan sesiapa yang melupakan kematian maka terhukumlah ia dengan tiga perkara: menunda taubat, meninggalkan sikap ridho merasa cukup, dan bermalas malasan dalam ibadah

dan benarlah perkataan beliau. coba dalam hari ini kita sejenak merenung kehidupan kita yang akan berakhir bahkan tidak perlu menunggu besok. atau akan lebih baik lagi kita datangi kuburan duduk berdiam sesaat di sana dan membayangkan kitalah yang berada di dalamnya. atau bisa juga membeli nisan kita tuliskan nama kita.

dan letakkan di samping cermin atau dinding. bisa juga mengganti selimut kita dengan kain kafan . dengan mudah-mudahan kita segera menyadari kita menuju muara yang sama yakni kematian. kita tahu selepas lepas nyawa itu bukanlah akhir namun babak baru yang menentukan nasib kita selanjutnya.

ingat mati – segera taubat – qanaah –  rajin ibadah – akhirnya mati – husnul khotimah >> bahagia+selamanya

lupa mati – menunda taubat – serakah-malas ibadah-mati juga – suul khotimah >> sengsara+bisa jadi selamanya atau lama sekali.

saat ini saya berada pada tempat di mana bayangan maut bergentayangan di mana- mana dan sangat terasa kedekatannya namun bisa jadi anda yang lebih dahulu menghadapinya.

apapun makananannya minumnya tetap sama gelas kematian

اللهم انا نسالك حسن الخاتمة

semoga husnul khotimah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s