Bersyukurlah atas waktu yang engkau miliki

Bagaimana cara mensyukuri atas waktu yang diberikan Allah kepada kita??
.
Allah telah berfirman dalam surah Al-Asr ayat 1-3 yang artinya, “Demi masa, Sesungguhnya manusia dalam kerugian, Kecuali orang2 yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”.
.
Dari surah diatas dapat kita fahami, bahwasannya manusia itu dalam keadaan rugi,..
Mengapa merugi??
Karna banyak diantara kita yang suka bahkan sering lalai akan waktu yang dimilikinya, seperti seseorang yang mempunyai waktu luang tetapi dia tak memanfaatkannya untuk bersyukur atau beribadah kepada Allah,.. .
Karna Rasulullah telah mengingatkan kita dengan sabdanya yaitu, “Ada dua nikmat yang kebanyakan manusia terlena di dalamnya, yakni kesehatan dan WAKTU LUANG.” (Hadits riwayat Bukhari)
.
Serta dalam ayat terakhir dari surah Al-Asr yang berbunyi, “Kecuali orang2 yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”. Dapat kita fahami,.. Diantara orang2 yang mensyukuri waktu adalah orang2 beriman dan mengerjakan kebajikan.. Jadi, beriman saja belum cukup tetapi harus dibarengi dengan mengerjakan kebajikan (amalan-amalan shaleh yang lain) seperti: sholat, membaca Al-quran, puasa, taat pada orang tua, dan masih banyak lagi amalan2 shaleh yang dapat kita lakukan untuk bersyukur atas waktu yang diberikan Allah kepada kita.
.
“…Serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”.
Maksudnya adalah,.. diantara orang2 yang mensyukuri waktunya mereka yang berdakwah, meluangkan waktu untuk saling menasehati dalam jalan kebenaran sesuai tuntunan Allah dalam Al-quran dan juga hadist Nabi Muhammad SAW antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya.. serta orang2 yang menasehati dalam kesabaran, yang mengingatkan saudara/saudarinya untuk bersabar dalam menjalani hidup yang penuh ujian ini, dan bersabar untuk hal yang lainnya.
.
Kita berdoa dan memohon kepada Allah,.. Semoga kita dimudahkan untuk besyukur atas waktu yang kita miliki, yang diberikan Allah untuk kita beribadah hanya kepada-Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s